Kelebihan
dan Kekurangan Media Pembelajaran
1.
Media grafis
Media
grafis termasuk media visual yang berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber
ke penerima pesan (reserver), dimana pesan dituangkan melalui lambang
atau simbol komunikasi visual. Menurut Arief S. Sadiman(1986) simbol-simbol
tersebut harus dipahami benar , artinya agar proses penyampaian pesan dapat
berhasil dan efesien. Selain fungsi umum tersebut, secara khusus grafs
berfungsi pula untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, mengilustrasikan
atau menghiasi fakta yang mungkin akan cepat dilupakan atau diabaikan bila
tidak digrafiskan.
Media
grafis mempunyai jenis yang bermacam-macam, seperti media bagan, grafik,
diagram, poster, karikatur dan kartun,media gambar, media gambar sederhana dengan
garis lingkaran dan media komik.
Setiap
media pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, kelebihan
dari penggunaan media grafis dalam PBM adalah :
v Bermanfaat
untuk menerangkan data kuantitatif dan hubungan-hubungannya.
v Kemungkinan
pembaca untuk memahami data yang disajikan dengan cepat dan menyeluruh, baik
dalam bentuk ukuran jumlah pertumbuhan atau arah suatu kemajuan.
v Peyajian
angka lebh cepat, jelas, menarik, ringkas, dan logis.
Kekurangan
dari penggunaan media grafis dalam media pembelajaran adalah :
v Kelebihan
dan penjelasan guru dapat menyebabkan timbulnya penafsiran yang berbeda sesuai
dengan pengetahuan masing-asing anak terhadap hal yang dijelaskan.
v Penghayatan
tentang materi kurang sempurna, karena media gambar hanya menampilkan persepsi
indra mata yang tidak cukup kuat untuk menggerakkan seluruh kepribadian
manusia, sehingga materi yang dibahas kurang sempurna.
v Tidak
meratanya penggunaan media tersebut bagi anak-anak dan kurang efektif
penglihatan. Biasanya anak yang paling didepan yang lebih sempurna mengamati
media tersebut, sedangkan anak yang belakang semakin kabur.
Sebagaimana
dikemukakan oleh Arief S. Sadiman(1986) sebagai media grafis yang baik harus
memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
Í Jelas
untuk dilihat oleh seluruh kelas
Í Hanya
menyajikan satu ide setiap satu grafik
Í Ada
jarak/ ruang kosong antara kolom-kolom bagiannya
Í Warna
yang digunakan kontras dan harmonis
Í Berjudul
dan ringkas
Í Sederhana
Í Mudah
dibaca
Í Praktis
dan mudah diatur
Í Menggambarkan
kenyataan
Í Menarik
Í Jelas
dan tidak memerlukan informasi dan keterangan tambahan
Í Teliti
2.
Media audio visual gerak
Media
audio visual gerak dapat berupa film bersuara atau gambar hidup dan televisi.
1.Film
bersuara
Film
yang dimaksud disini adalah film sebagai alat audio visual untuk pelajaran,
penerangan atau penyuluhan. Banyak hal-hal yag dapat diterangkan melalui film
antara lain tentang proses yang terjadi dalam tubuh kita atau yang terjadi
dalam suatu industri, kejadian-kejadian dalam alam, tata cara kehidupan di
negara asing.
Ada
banyak keuntungan yang dapat diperoleh dalam penggunaan film sebagai media
untuk menyampaikan pelajaran terhadap anak didik. Diantara keuntungan
atau manfaat film sebagai media pengajaran antara lain :
« Film
dapat menggambarkan suatu proses, misalnya proses pembuatan suatu keterampilan
tangan dan sebagainya.
« Dapat
menimbulkan kesan ruang dan waktu
« Penggambarannya
bersifat 3 dimensional
« Suara
yang dihasilkan dapat menimbulkan realita pada gambar dalam bentuk ekspresi
murni
« Dapat
menyampaikan suara seseorang ahli sekaligus melihat penampilannya
« Kalau
film tersebut berwarna akan dapat menambah realita objek yang diperagakan
« Dapat
menggambarkan teori sains dan animasi
Disamping
keuntungan-keuntungan yang dikemukakan diatas, film juga mempunyai beberapa kekurangan-kekurangan
sebagai berikut :
« Film
bersuara tidak dapat diselingi dengan keterangan-keterangan yag diucapkan
sewaktu fil diputar, sedangkan penghentian sementara pemutaran film akam
mengganggu konsentrasi siswa.
« Siswa
tidak akan dapat mengikuti dengan baik kalau film diputar terlalu cepat
« Apa
yang telah lewat sulit untuk diulang kecuali memutar kembali secara keseluruhan
« Biaya
pembuatan dan perawatan nya cukup tinggi dan mahal.
« Film
yang baik adalah film yang dapat memenuhi kebutuhan siswa dalam hubungannya
dengan apa yang dipelajari.
2.televisi
Oemar
Hamalik (1985 : 134) mengemukakan : “television is an electrinic motion
picture with conjoinded or attendent sound; both picture and sound reach the
eye and ear simultaneously from a remote broadcast point”. Defenisi
tersebut menjelaskan bahwa televisi sesungguhnya adalah perlengkapan elektronik
yang pada dasarnya sama dengan gambar hidup yang meliputi gambar dan suara.
Maka televisi sebenarnya sama denga film, yakni dapat didengar dan dilihat.
a.
Televisi sebagai media pengajaran
mengandung beberapa keuntungan antara lain :
Ø Bersifat
langsung dan nyata, serta dapat menyajikan peristiwa yang sebenarnya
Ø Memperluas
tinjauan kelas, melintasi berbagai daerah atau berbagai Negara
Ø Dapat
menciptakan kembali peristiwa masa lampau
Ø Dapat
mempertunjukkan banyak hal dan banyak segi yang beraneka ragam
Ø Banyak
mempergunakan sumber-sumber masyarakat
Ø Menarik
minat anak
Ø Dapat
melatih guru, baik dalam pre-service maupun dalam incervice training
Ø Masyarakat
diajak berpartisipasi dalam rangka meningkatkan perhatian mereka terhadap
sekolah.
b.
Adapun kelemahan TV sebagai media
pengajaran sama halnya yang terjadi pada film sebagaimana telah dijelaskan
diatas.
3.
Media Cetak
Teknologi
media cetak adalah cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi, seperti buku
dan materi visual statis terutam amelalui proses percetakan mekanis atau photografis.
Dalam PBM media cetak memiliki beberapa
kelebihan, diantaranya sebagai berikut :
ü Murah
untuk didapatkan
ü Dapat
diakses oleh kalangan luas
ü Tidak
memerlukan peralatan
ü Bersifat
fleksibel, mudah dibawa kemana-mana
ü Dapat
digunakan untuk menyampaikan semua materi pembelajaran
ü Bisa
dibaca di mana saja dan kapan saja, tidak terikat tempat dan waktu
Selain memiliki beberapa kelebihan,
media cetak juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya :
ü Membutuhkan
reading habis
ü Membutuhkanpengetahuanawal
(prior knowledge)
ü Kurang
bisa membantu daya ingat
ü Apabila
penyajiannya (font,warna, ilustrasi) tidak menarik, akan cepat membosankan.
4.
Proyeksi Diam
Media proyeksi diam adalah
media visual yang memproyeksikan pesan melalui sebuah alat yang mampu memproyeksikan
berbagai pesan dalam bentuk tulisan, gambar, angka, atau bahkan grafis.
Ada
beberapajenis media visual:
1)
OverHeadProyector (OHP) / OHT
OHT
adalah media visual yang diproyeksikan melalui alat proyeksi yang disebut OHP.
OHP ini merupakan varian dari proyektor slide yang digunakan untuk menampilkan gambar
atau teks kepada audiens.
a)
Ada beberapa kelebihan dari OHP,
yaitu:
·
Bersifat konkrit
·
Dapat mengatasi ruang dan waktu
·
Mengatasi kelemahan- kelemahan panca indra
·
Dapat digunakan untuk menyajikan pesan dalam
semua ukuran ruangan kelas
·
Menarik, karena memungkinkan penyajian
yang variatif disertai dengan warna
·
Tatap muka dengan siswa selalu terjaga
·
Tidak memerlukan operator secara khusus
·
Dapat menyajikan pesan yang banyak dengan
waktu yang relatif singkat
·
OHT atau kertas transparan bisa digunakan
secara berlulang-ulang
b)
Adapun beberapa kelemahan dari OHP,yaitu:
·
Memerlukan perencanaan yang matang dalampembuatannya
·
OHP dan OHT merupakan bagian yang tak terpisahkan,
karena OHP hanya bisa memproyeksikan OHT saja
·
Urutan OHT sering kacau
c)
Ada 2 jenis model OHP, yaitu:
1.
OHP Classroom, yaitu OHP yang dirancang
dan dibuat secara permanen untuk disimpan di suatu kelas atau ruangan. Biasanya
memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan dengan OHP jenis portable
2.
OHP Portable, yaitu OHP yang dirancang
agar mudah dibawa kemana-mana, sehingga ukuran dan bobot beratnya lebih ringkas.
2)
Opaque Projector
Opaque
Projector atau proyektor tak tembus pandang adalah media yang digunakan untuk memproyeksikan
bahan dan benda-benda yang tidak tembus pandang, seperti buku, foto, dan
model-model baik yang dua dimensi maupun yang tiga dimensi. Berbeda dengan OHP,
opaque projector ini tak memerlukan transparansi, tapi memerlukan penggelapan ruangan.
Opaque
projector biasanya dapat pula digunakan untuk memproyeksikan film bingkai/slide
akan tetapi tidak dilengkapi dengan tape recorder.
Kelebihan
dan kelemahan media opaque projector ini hamper mirip dengan kelemahan dan kelebihan
pada media OHP dan media Slide. Oleh karena itu opaque projector dengan segala karakteristiknya
dapat berfungsi sebagai OHP dan Slide Projector.
3)
Slide
Slide
adalah sebuah gambar transparan yang diproyeksikan oleh cahaya melalui proyektor.
Sebuah program slide biasanya terdiri atas beberapa bingkai yang banyaknya tergantung
pada bahan/ materi yang akan disampaikan.
Kelebihan
media slide:
§ Mampumenarikperhatiananak-
anak.
§ Membantu
menimbulkan pengertian dan ingatan yang kuat pada pesan yang disampaikan dan dapat
dipadukan dengan unsur suara.
§ Program
slide mudah direvisi sesuai dengan kebutuhan, karena filmnya terpisah-pisah.
§ Penyimpanannya
mudah karena ukurannya kecil
§ Meletakkan
dasar-dasar yang konkrit untuk berpikir, dapat menghindarkan pengertian-pengertian
yang abstrak.
§ Memberikan
pengalaman- pengalaman yang nyata kepada anak didik.
§ Mengembangkan
keteraturan dan kontinuitas berfikir.
§ Ikut
membantu menumbuhkan pengertian yang akan mempengaruhi perkembangan bahasa anak.
§ Meletakkan
dasar- dasar yang penting untuk perkembangan belajar anak.
Kelemahan
media slide:
§ Memerlukan
penggelapan ruangan untuk memproyeksikannya.
§ Pembuatannya
memerlukan waktu yang cukup lama, jika program yang dibuat cukup panjang.
§ Memerlukan
biaya yang boleh dikatakan besar.
§ Hanya
dapat menyajikan gambar yang diam (geraknya terbatas walaupun dengan menggunakan
lebih dari sebuah proyektor).
§ Memerlukan
penggelapan ruangan untuk memproyeksikannya.
§ Pembuatan
memerlukan waktu cukup lama jika program yang dibuatnya cukup panjang
§ Memerlukan
biaya yang besar; hanya dapat menyajikan gambar diam.
4)
Filmstrip
Filmstrip
adalah media visual proyeksi diam, yang pada dasarnya hamper sama dengan media
slide. Hanya saja media ini terdiri atas beberapa film yang merupakan satu kesatuan,
dimana ujung satunya dengan ujung lainnya bersatu membentuk rangkaian.
Kelebihan
filmstrip:
Media
filmstrip mudah penggandaannya karena tidak memerlukan bingkai, juga
frame-frame filmstrip tidak akan tertukar karena merupakan satu kesatuan.
Kelemahan
filmstrip:
Pengeditan
dan perbaikan/ revisi filmstrip relative agak sukar, karena harus dilakukan di
laboratorium khusus
5.
AUDIO
Media
audio berhubungan dengan indra pendengar, dimana pesan yang disampaikan dituangkan
dalam lambang- lambang auditif, baik verbal maupun non verbal.
Jenis
media audio:
1.
Radio
Radio
merupakan perlengkapan elektronik yang dapat digunakan untuk mendengarkan berita
yang bagus dan aktual, dapat mengetahui beberapa kejadian- kejadian dan
peristiwa-peristiwa penting dan baru, masalah- masalah kehidupan lainnya.
Kelebihan
media audio:
¯ Harganya
lebih murah.
¯ Dapat
dipindahkan dari satu tempat ketempat yang lainnya.
¯ Dapat
mengembangkan daya imajinasi anak didik.
¯ Merangsang
partisipasi aktif pendengar.
¯ Dapat
memusatkan perhatian siswa.
¯ Memberikan
hal- hal yang lebih baik.
¯ Programnya
sudah dibuat dengan perekam kaset.
¯ Tidak
mahal
¯ Ideal
untuk mengajar bahasa asing
¯ Bisa
menstimulasi (untuk hal-hal dramatis) melebihi teks.
¯ Pelajaran
lewat radio bisa lebih bermutu dari segi ilmiah dan metodis.
¯ Radio
berpengaruh terhadap pembentukan pribadi seseorang.
¯ Dapat
memberikan pengalaman- pengalaman dari dunia luar ke kelas.
Kelemahan
media audio:
¯ Sifat
komunikasi radio hanya satu arah
¯ Program
radio telah disentralisir
¯ Auditif,
sehingga membutuhkan konsentrasi dalam mendengarkan
¯ Penjadwalan
pelajaran dan siaran sering menimbulkan masalah.
¯ Memungkinkan
pembajakan
¯ Sulit
menyatukan kecepatan pelajar yang berbeda-beda
¯ Memerlukan
software dan peralatan digital
¯ Sulit
untuk menempatkan bagian-bagian tertentu di audio tape
¯ Berpotensi
untuk terhapus secara tidak sengaja
¯ Beberapa
audio tersusun berangkai
¯ Kecepatan
penyampaian informasi sudah tidak dapat diubah
¯ Dalam
suatu rekaman sulit menemukan lokasi suatu pesan atau informasi
¯ Media
audio yang menampilkan symbol digit dan analog dalam bentuk auditif adalah abstrak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar